Penelitian Mahasiswa
Sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan karya tulis atau tugas akhir/skripsi/tesis/disertasi dan membutuhkan data atau informasi terkait dengan tugas dan fungsi OJK, maka OJK memberikan pelayanan terhadap pihak eksternal untuk melakukan penelitian.
Memastikan Data
Mahasiswa/peneliti memastikan data publikasi yang tersedia situs web resmi OJK, sebelum mengajukan permohonan permintaan data. Data publikasi tersebut dapat diunduh atau digunakan untuk penelitian tanpa memerlukan izin khusus OJK.
Pertimbangan dari OJK
Topik penelitian dan data yang dibutuhkan harus relevan dengan tugas dan fungsi OJK selaku pengawas lembaga jasa keuangan.
Pengajuan Permohonan
Paling lambat diajukan 2 bulan sebelum penelitian mulai dilakukan.
Mekanisme Pengambilan data/wawancara
a. OJK akan menyiapkan narasumber yang relevan dengan jenis data/informasi yang diperlukan dalam penelitian;
b. Permintaan data terlebih dahulu akan direview berdasarkan ketersediaan data dan kerahasiaan data. Data tersebut akan dikirimkan melalui email peneliti;
c. Pelaksanaan wawancara dapat dilaksanakan tidak tatap muka (tertulis), disesuaikan dengan kesediaan narasumber. Untuk itu, mohon peneliti menyampaikan list wawancara secara detail dengan memperhatikan adanya kemungkinan pelaksanaan wawancara secara tertulis;
d. Data/Informasi yang diberikan bersifat resmi dari OJK, bukan pendapat pribadi kecuali dinyatakan tersendiri. Untuk itu, peneliti dapat mencantumkan OJK atau nama satuan kerja pemilik data/informasi sebagai sumber data.
Dokumen persyaratan
a. Surat Pengantar ijin Penelitian dari universitas kepada OJK yang ditujukan kepada Direktur Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia;
b. Lembar Pengesahan Proposal Penelitian yang ditandatangani oleh Dosen Pembimbing;
c. Proposal penelitian (BAB 1-3 lengkap) yang berisikan judul, tujuan, metodologi, jangka waktu penelitian;
d. Daftar pertanyaan lengkap untuk kebutuhan wawancara dalam bentuk file word atau daftar kebutuhan data dalam bentuk file excel yang menjelaskan mengenai data yang dibutuhkan;
e. Surat pernyataan bermaterai;
f. Kartu Mahasiswa; dan
g. CV dilengkapi dengan foto.
Pengiriman Dokumen
Dokumen dimaksud silahkan discan dan dilampirkan satu per satu, tidak dijadikan satu file serta disampaikan melalui email penelitian@ojk.go.id dengan subjek Permohonan Penelitian Mahasiswa_Nama Lengkap_Jurusan_Universitas.
Contoh: Permohonan Penelitian Mahasiswa_Omar Karim_S1 Akuntansi_Universitas Gajah Mada