Sign In

Booklet Perbankan Indonesia 2025

 Booklet Perbankan Indonesia 2025

Sep 4 2025
Hits : 58

Booklet Perbankan Indonesia (BPI) edisi tahun 2025 merupakan media publikasi yang menyajikan informasi singkat mengenai perbankan Indonesia sepanjang tahun 2024 dengan tambahan pengkinian sampai Juni 2025, khususnya pada bab terkait ketentuan yang diterbitkan. Booklet ini juga diharapkan dapat memberikan informasi mengenai arah kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2025 sesuai yang disampaikan dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2025 dengan tema “Penguatan Sektor Jasa Keuangan yang Stabil dan Inklusif untuk Mendukung Program Prioritas Nasional” serta perkembangan perbankan di Indonesia, penelitian, peraturan, dan kebijakan di bidang perbankan oleh OJK agar industri perbankan lebih berdaya saing dan kontributif.

Di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian global dan domestik, kondisi perbankan Indonesia masih relatif solid. Perkembangan tahun 2024 sampai dengan triwulan II-2025 ini, kinerja kredit perbankan Indonesia masih menunjukkan tren yang positif dengan pertumbuhan mencapai 7,77% (yoy) pada Juni 2025 (Mei 2025: 8,43%) menjadi Rp8.059,79 triliun. Dana Pihak Ketiga (DPK) juga mengalami pertumbuhan sebesar 6,96% (yoy) (Mei 2025: 4,29 persen yoy) menjadi Rp9.329 triliun, dengan pertumbuhan terbesar pada giro (10,35 %) disusul tabungan 6,84% dan deposito 4,19% (yoy). Kondisi likuiditas perbankan juga tetap memadai yang ditunjukkan dengan rasio Alat Likuid/Non-Core Deposit (AL/NCD) dan Alat Likuid/ Dana Pihak Ketiga (AL/DPK) berada di atas threshold 50% dan 10% dengan rasio masing-masing 118,78% dan 27,05%. Profitabilitas perbankan terjaga baik yang tumbuh 2,58% (Mei 2025: 2,51%). Selain itu, ketahanan perbankan melalui permodalannya masih terjaga kuat yang ditunjukan dari rasio CAR yang terjaga tinggi yaitu 25,81% diharapkan mampu menjadi buffer mitigasi risiko yang kuat di tengah dinamika ketidakpastian global.

Untuk menjaga sektor jasa keuangan (SJK) agar tetap resilient sehingga mampu memberikan daya ungkit yang lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi, di tahun 2025 Booklet Perbankan Indonesia Kata Pengantar iii 2025 ini OJK memiliki 4 (empat) kebijakan prioritas, yaitu (1) Optimalisasi kontribusi SJK dalam mendukung pencapaian target program prioritas Pemerintah, (2) Pengembangan SJK untuk pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan, (3) Penguatan kapasitas SJK dan penguatan pengawasan, dan (4) Meningkatkan efektivitas penegakan integritas dan pelindungan konsumen dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat dan investor terhadap SJK.

OJK juga memiliki peran besar dalam upaya memberikan arah serta mendorong pengembangan dan digitalisasi perbankan nasional agar lebih memiliki daya tahan (resiliensi) yang lebih baik, daya saing yang lebih tinggi, dan kontribusi yang lebih tinggi terhadap perekonomian nasional. Dalam hal penguatan regulasi, pada tahun 2024 OJK menerbitkan 23 (dua puluh tiga) ketentuan perbankan, berupa 18 (delapan belas) POJK dan 5 (lima) SEOJK. Selain itu juga diterbitkan surat Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan serta surat Kepala Departemen Pengaturan dan Pengembangan Perbankan yang merupakan penegasan atas pelaksanaan peraturan dan ketentuan OJK. Selanjutnya sampai dengan Juni 2025, terdapat tambahan 1 (satu) POJK dan 5 (lima) SEOJK yang diterbitkan bagi Perbankan.

BPI edisi tahun 2025 didesain dengan layout dan format yang menarik untuk dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna. Dalam rangka menjaga integritas informasi dan publikasi OJK, terdapat penyesuaian berupa tautan ke konten yang relevan namun telah tersedia dalam publikasi lain di OJK. Pemanfaatan teknologi QR Code juga kami sertakan dalam beberapa konten di dalam BPI ini sehingga pengguna dapat dengan mudah memperoleh tambahan informasi yang lebih lengkap dan relevan dengan konten yang sedang dibaca.

Kami menyadari bahwa masih terdapat ketidaksempurnaan dalam penyajian BPI tahun 2025 ini, baik dari segi substansi maupun format. Namun kami berharap agar informasi yang disajikan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi pengguna. Masukan dan pandangan pengguna terhadap BPI ini kami harapkan demi peningkatan kualitas pada BPI edisi berikutnya.

Jumlah Download : 21
   

Otoritas Jasa Keuangan

Gedung Sumitro Djojohadikusumo
Jalan Lapangan Banteng Timur 2-4 Jakarta 10710 Indonesia

Hubungi Kami

(021) 2960 0000
157
humas@ojk.go.id
081 157 157 157

Artikel GPR

Copyright Otoritas Jasa Keuangan 2024 | Peta Situs | Syarat dan Kondisi