Berita - 07 Mei 2024

Sosialisasi Taksonomi untuk Keuangan Berkelanjutan Indonesia

Sumber  : 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator sektor jasa keuangan senantiasa berupaya mendukung pemerintah dengan berbagai kebijakan keuangan diantaranya dengan menerbitkan Taksonomi untuk Keuangan Berkelanjutan Indonesia (TKBI) yang merupakan panduan untuk meningkatkan alokasi modal dan pembiayaan berkelanjutan. TKBI dapat digunakan oleh setiap pihak yang berkepentingan untuk menilai apakah suatu Aktivitas telah memenuhi aspek berkelanjutan. TKBI berfokus pada NDC-related sector dengan fokus pengembangan pertama pada sektor energi untuk mendukung proses transisi energi di Indonesia yang seimbang dan bertahap (gradual and balanced transition). Selanjutnya, NDCrelated sector lainnya akan dikembangkan secara bertahap.

TKBI memiliki peran yang sangat penting dalam kerangka kebijakan Keuangan Berkelanjutan di Indonesia. TKBI berperan sebagai common language untuk mendefinisikan aktivitas ekonomi yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan serta sebagai alat untuk menciptakan transparansi sehingga dapat menghindari greenwashing, social washing, dan impact washing. Hasil klasifikasi dari TKBI dapat digunakan sebagai basis data yang reliable untuk menyusun kebijakan Keuangan Berkelanjutan lain, misalnya kebijakan terkait disclosure requirement, risk management, produk/jasa, dan lainnya. TKBI juga memastikan bahwa pengungkapan kinerja keberlanjutan antara suatu entitas dengan entitas lainnya dinilai secara seragam. Ke depan, TKBI akan disesuaikan dengan perkembangan pembahasan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang taksonomi berkelanjutan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK).

Dalam rangka diseminasi TKBI yang dimaksud, OJK telah menyelenggarakan rangkaian Sosialisasi Taksonomi untuk Keuangan Berkelanjutan Indonesia (TKBI) tahap I pada  di Jakarta serta tahap II pada Selasa s.d. Rabu, 24-25 April 2024 di Medan. Rangkaian Sosialisasi TKBI ini diharapkan dapat membantu pemahaman implementasi TKBI kepada penggunanya.  Dokumentasi serta materi pendukung selama kegiatan sosialisasi dapat diunduh pada tautan berikut:

          1. Rekaman kegiatan sosialisasi: https://bit.ly/SosialisasiTKBIMedan

          2. Materi kegiatan sosialisasi: http://gapura.ojk.go.id/tkbimedan