Berita Terbaru
InfografisTerbaru

Prakonvensi RSKKNI Bidang Manajemen Risiko Perbankan

  • 06 Jun 2024

Cirebon, 4 Juni 2024,  OJK melaksanakan Prakonvensi RSKKNI Bidang Manajemen Risiko Perbankan yang dihadiri oleh 95 peserta dari bidang perbankan.

Dalam rangka penguatan industri perbankan, OJK bersama stakeholders terkait senantiasa berupaya menyelaraskan standar kompetensi manajemen risiko dengan perkembangan isu-isu terkini. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu kaji ulang SKKNI Bidang Manajemen Risiko Perbankan Tahun 2020 dengan pertimbangan adanya risiko baru yang perlu dicermati yakni risiko terkait digitalisasi dan perubahan iklim. Penyelarasan substansi kompetensi ini antara lain merujuk pada Basel Core Principles (BCP), peraturan dan pedoman teknis terbaru.

Pada sesi sambutan pembukaan Bapak Mirza selaku Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK menyampaikan bahwa standar kompetensi nasional yang disusun ini harus relevan dan adaptif terhadap kebutuhan industri perbankan, sehingga peningkatan kualitas SDM dapat lebih optimal dan pada akhirnya akan mendorong kinerja perbankan yang sehat dan stabil. Turut hadir dalam kegiatan ini Bapak NS Aji Martono selaku Anggota Badan Nasional Sertifikasi Profesi dan Bapak Moh. Amir Syarifuddin selaku Direktur Bina Standardisasi Kompetensi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Dalam sesi penyampaian laporan Bapak Agus Sugiarto selaku Kepala OJK Institute mengatakan bahwa kaji ulang kali ini berfokus pada pengayaan substansi kompetensi, sehingga SKKNI ini tetap berjumlah 21 unit kompetensi. Di samping itu, beliau juga mengapresiasi setinggi-tingginya atas kolaborasi dari seluruh pihak yang terlibat dalam kaji ulang SKKNI dan peserta yang menghadiri kegiatan prakonvensi ini.

Bapak Mirza Adityaswara,. Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan
Bapak Agus Sugiarto Kepala Departemen OJK Institute
Bapak Moh Amir Syarifuddin, Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Program Pelatihan, Kementerian Ketenagakerjaan RI 
Bapak N.S. Aji Martono, Anggota Komisioner BNSP 

Tags :

  • rskkni
  • risk management perbankan
  • rskkni
  • risk management perbankan