Print

Mendorong Literasi dan Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan di Era Digital

  • 20 Apr 2021
  • Lintas Sektor
  • Online
Webinar Recording
Kepala Departemen Perlindungan Konsumen
Agus Fajri Zam
Executive Vice President Center of Digital BCA
Wani Sabu
Sharia, Goverment Relations & Community Invesment Director Prudential Indonesia
Nini Sumohandoyo

Latar belakang

Pandemi Covid-19 telah mempercepat proses transformasi digital. Untuk bertahan hidup, setiap bisnis “terpaksa” memanfaatkan teknologi digital. Industri jasa keuangan saat ini melakukan transformasi proses bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi dan meningkatkan kualitas SDM nya menjadi SDM “melek” digital. Pemberian layanan kepada konsumen dilakukan melalui platform digital dan pengembangan produk digital menjadi tantangan sendiri bagi industri jasa keuangan untuk tetap bertahan. Di sisi lain konsumen/masyarakat di sektor jasa keuangan juga harus memahami mengenai produk dan layanan digital yang ditawarkan oleh industri jasa keuangan. 

Tingkat literasi keuangan digital Indonesia baru mencapai 35,5 %, sedangkan jumlah masyarakat yang pernah menggunakan layanan digital baru mencapai 31,26%. Ini menunjukkan bahwa banyak pengguna produk keuangan di Indonesia yang belum tahu dan terampil menggunakan produk keuangan secara efektif. Hal ini menjadikan tantangan bagi OJK untuk mampu mengedukasi masyarakat mengenai produk dan layanan digital di sektor jasa keuangan dan memberikan pelayanan perlindungan konsumen dengan memanfaatkan teknologi digital. Tidak hanya regulator, namun para pelaku industri memiliki andil dalam meningkatkan pelayanan, literasi kuangan serta akses keuangan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital.

Objektif

Memberikan pemahaman dan wawasan bagaimana upaya regulator dan pelaku industri dalam meningkatkan pelayanan, literasi keuangan dan perlindungan konsumen di era digital. 

Peserta
Perwakilan Industri Jasa Keuangan, Akademisi dan Masyarakat Umum / Representatives of the Financial Services Industry, Academics, and The general public.
Pembicara
  • Agus Fajri Zam (Kepala Departemen Perlindungan Konsumen)
  • Wani Sabu (Executive Vice President Center of Digital BCA)
  • Nini Sumohandoyo (Sharia, Goverment Relations & Community Invesment Director Prudential Indonesia)