Buku Laporan Implementasi Program Kerja TPAKD Tahun 2020

Sep 9 2021
Jumlah Download : 0

 

Selama tahun 2020, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) telah berkontribusi secara aktif guna meningkatkan perekonomian daerah melalui berbagai program kerja perluasan akses keuangan. Sebagai bentuk akuntabilitas dari capaian kinerja dan prestasi TPAKD, pada bulan Juli 2021, OJK telah menerbitkan Laporan Implementasi Program Kerja TPAKD Tahun 2020 yang memuat terkait perkembangan implementasi program unggulan TPAKD yang telah diinisiasi dan dijalankan oleh TPAKD tingkat provinsi beserta beberapa TPAKD kabupaten/kota yang ada di bawahnya. Selain itu, laporan tersebut juga memuat capaian yang telah dilakukan oleh TPAKD tingkat pusat. 

Sampai dengan tahun 2020, telah terbentuk 233 TPAKD tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Selama tahun tersebut juga telah dilaksanakan berbagai kegiatan oleh TPAKD Pusat antara lain penyusunan Generic Model Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir, Generic Model SimPel BSA, Roadmap TPAKD, dan pengembangan Website TPAKD. Selain itu, pada tahun 2020 juga telah dilaksanakan kegiatan Rakornas TPAKD 2020, TPAKD Award 2020, dan kegiatan Coaching Clinic.

Selain itu, pada tingkat daerah, telah dilaksanakan berbagai program kerja seperti program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR), Kredit Usaha Rakyat (KUR), Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS), dan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Beberapa daerah juga berinisiatif melakukan inovasi program kerja seperti Gerakan Menabung Sampah oleh TPAKD Provinsi DKI Jakarta dan Kartu Petani Berjaya oleh TPAKD Provinsi Lampung.

Pada TPAKD Award 2020, terdapat 10 kategori yang berhasil diraih oleh 10 TPAKD yang terdiri dari 4 TPAKD tingkat provinsi, 4 TPAKD tingkat kabupaten/kota, serta 2 TPAKD new comers yaitu yang terbentuk antara tahun 2018-2019. 

Dokumen Laporan Implementasi Program Kerja TPAKD Tahun 2020 ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi dalam mendukung optimalisasi pelaksanaan program kerja literasi dan inklusi keuangan yang dilakukan oleh seluruh TPAKD. Dengan adanya laporan ini diharapkan seluruh masyarakat dapat lebih mengenal berbagai program perluasan akses keuangan yang ada di daerah dan mulai untuk dapat menggunakannya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Informasi lebih lengkap, silahkan unduh materi terlampir.


Artikel Lain
Test
Berita Dan Kegiatan

Right Menu Subsite

Publikasi - Berita Dan Kegiatan
Berita Dan Kegiatan