Standar Akuntansi

 

Bank Umum Konvensional

PEDOMAN AKUNTANSI PERBANKAN INDONESIA (PAPI)

Laporan keuangan Bank Umum Konvensional wajib disusun berdasarkan Pernyatan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang relevan bagi Bank. PAPI merupakan petunjuk pelaksanaan yang berisi penjabaran lebih lanjut dari beberapa PSAK yang relevan bagi industri perbankan, termasuk penyesuaian terkait dengan penerbitan PSAK No. 50 (Revisi 2006) tentang Instrumen Keuangan: Penyajian dan Pengungkapan, dan PSAK No. 55 (Revisi 2006) tentang Instrumen Keuangan: Pengakuan dan Pengukuran, yang berlaku sejak 1 Januari 2010.

Pemberlakuan PAPI 2008 diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/4/DPNP tanggal 27 Januari 2009 perihal Pelaksanaan Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia dan Surat Edaran Bank Indonesia No.11/33/DPNP tanggal 8 Desember 2018 perihal Perubahan atas Surat Edaran No. 11/4/DPNP . Sebagai petunjuk pelaksanaan dari PSAK maka untuk hal-hal yang tidak diatur dalam PAPI tetap mengacu kepada PSAK yang berlaku.

BUKU 1 - PEDOMAN AKUNTANSI PERBANKAN INDONESIA (PAPI).pdf

BUKU 2 - PEDOMAN AKUNTANSI PERBANKAN INDONESIA (PAPI).pdf

ILUSTRASI - PEDOMAN AKUNTANSI PERBANKAN INDONESIA (PAPI).pdf


PENERAPAN PSAK 71 (IFRS 9) DI INDONESIA

PSAK 71 – Instrumen Keuangan akan berlaku efektif pada 1 Januari 2020 dengan penerapan dini diperbolehkan. Untuk mempersiapkan penerapan standar akuntansi keuangan tersebut, OJK melalui surat nomor S-78/PB.11/2017 tanggal 8 September 2018 telah meminta Bank menyusun action plan, dengan minimal roadmap sebagai berikut:


CONTOH ACTION PLAN PENERAPAN - ENGLISH VERSION.xlsx

CONTOH ACTION PLAN PENERAPAN - INDONESIA VERSION.xlsx

ROADMAP PERSIAPAN PENERAPAN PSAK 71 - ENGLISH VERSION.pdf

ROADMAP PERSIAPAN PENERAPAN PSAK 71 - INDONESIA VERSION.pdf


KESIMPULAN HASIL PEMBAHASAN ISU IMPLEMENTASI PSAK 71 - INSTRUMEN KEUANGAN

Dalam rangka mendukung penerapan PSAK 71 di Bank Umum Konvensional, OJK telah membentuk Forum Diskusi PSAK 71 yang bertujuan untuk melakukan pertemuan secara berkala untuk membahas isu serta usulan solusi penerapan PSAK 71 di Indonesia. Hasil pembahasan Forum Diskusi PSAK 71 telah disusun dalam bentuk Kesimpulan Hasil Pembahasan Isu Implementasi PSAK 71 – Instrumen Keuangan tahun 2018 dan telah disampaikan kepada seluruh Bank Umum Konvensional, asosiasi profesi (IAPI dan IAI), perwakilan KAP yang merupakan auditor Bank, serta satker terkait di OJK.

KESIMPULAN HASIL PEMBAHASAN ISU IMPLEMENTASI PSAK 71 – INSTRUMEN KEUANGAN TAHUN 2018.pdf



Perbankan

Right Menu

Perbankan - Kanal
Perbankan
Tentang Perbankan