Booklet Perbankan Indonesia 2022

Jul 7 2022
Hits : 10354
Jumlah Download : 1

Booklet Perbankan Indonesia (BPI) edisi tahun 2022 merupakan media publikasi yang menyajikan informasi singkat mengenai perbankan Indonesia sepanjang tahun 2021. Booklet ini juga diharapkan dapat memberikan informasi mengenai arah kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2022 sesuai yang diamanatkan dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2022 dengan tema "Penguatan Sektor Jasa Keuangan Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Baru", perkembangan perbankan di Indonesia, serta peraturan dan kebijakan di bidang perbankan yang dikeluarkan OJK agar industri perbankan lebih berdaya saing dan kontributif.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, diikuti dengan ekspektasi publik atas layanan keuangan yang cepat, mudah, aman, dan efisien, serta agile, maka diperlukan akselerasi digital perbankan yang semakin cepat. Pergeseran konsep dari traditional bank ke future bank mendorong Bank melakukan transformasi digital sebagai prioritas agar mampu bersaing di kancah nasional maupun global. OJK sebagai institusi yang memiliki fungsi untuk mengatur dan mengawasi keseluruhan kegiatan sektor jasa keuangan, memiliki peran besar dalam upaya memberikan arah serta mendorong pengembangan dan digitalisasi perbankan nasional agar lebih memiliki daya tahan (resilience), berdaya saing dan kontributif.  Peran tersebut dijalankan antara lain melalui penerbitan Blue Print arah pengembangan, kebijakan, serta ketentuan di Bidang Perbankan sebagaimana tertuang dalam booklet ini.

BPI edisi tahun 2022 didesain dengan layout dan format yang menarik untuk dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna. Pemanfaatan teknologi QR Code juga kami sertakan dalam beberapa konten di dalam BPI ini sehingga pengguna dapat dengan mudah memperoleh tambahan informasi mengenai konten yang sedang dibaca.

Kami menyadari bahwa masih terdapat ketidaksempurnaan dalam penyajian BPI tahun 2022 ini baik dari segi substansi maupun format. Namun, kami berharap agar informasi yang disajikan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi pengguna. Masukan dan pandangan pengguna terhadap BPI ini kami harapkan demi peningkatan BPI edisi berikutnya.